PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA PRODI PGSD FIP UNIMED
Abstract
Abstract : Improved Speaking Capability In Indonesian Language Skills Speaking In Students Prodi PGSD FIP Unimed. The problem in this research is the low ability to speak student of Prodi PGSD class B Extension of stamped 2015. Students are difficult and embarrassed in expressing opinion in front of class, limited vocabulary possessed by student, more lecturer-centered learning resulted less active student. Indication of the possibility that occurs due to the use of methods that are less in line with the learning materials. The purpose of this study is to improve students' speaking skills in Indonesian Language Skills courses by using the method of discussion on the students Prodi PGSD FIM Unimed Learning Year 2015/2016. The subject of this TOD is a class B extension student amounting to 42 people.
Keywords : KBI, Speaking and Discussion Methods
Abstrak : Peningkatan Kemampuan Berbicara dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia pada Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNIMED. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara mahasiswa Prodi PGSD kelas B Ekstensi stambuk 2015. Mahasiswa sulit dan malu dalam mengeluarkan pendapat di depan kelas, keterbatasan kosakata yang dimiliki mahasiswa, pembelajaran lebih berpusat pada dosen mengakibatkan mahasiswa menjadi kurang aktif. Indikasi kemungkinan yang terjadi karena penggunaan metode yang kurang sesuai dengan materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia dengan menggunakan metode diskusi pada mahasiswa Prodi PGSD FIP Unimed Tahun Pembelajaran 2015/2016. Subjek PTK ini adalah mahasiswa kelas B Ekstensi yang berjumlah 42 orang.
Kata Kunci : KBI, Berbicara dan Metode Diskusi.
Keywords : KBI, Speaking and Discussion Methods
Abstrak : Peningkatan Kemampuan Berbicara dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia pada Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNIMED. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara mahasiswa Prodi PGSD kelas B Ekstensi stambuk 2015. Mahasiswa sulit dan malu dalam mengeluarkan pendapat di depan kelas, keterbatasan kosakata yang dimiliki mahasiswa, pembelajaran lebih berpusat pada dosen mengakibatkan mahasiswa menjadi kurang aktif. Indikasi kemungkinan yang terjadi karena penggunaan metode yang kurang sesuai dengan materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia dengan menggunakan metode diskusi pada mahasiswa Prodi PGSD FIP Unimed Tahun Pembelajaran 2015/2016. Subjek PTK ini adalah mahasiswa kelas B Ekstensi yang berjumlah 42 orang.
Kata Kunci : KBI, Berbicara dan Metode Diskusi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i2.9446
Article Metrics
Abstract view : 307 timesPDF - 779 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id