Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 05 Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Kamtini Kamtini, Desi Ari Sandy

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan1-10. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 05 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini only-posttest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas A1 dan kelas A3. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, dengan jumlah kelas A1 sebagai kelas eksperiemen sebanyak 15 anak dan kelas A3 sebagai kelas kontrol sebanyak 15 anak. Variabel bebas adalah permainan bowling modifikasi, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α=0,05.
Dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan menggunakan permainan bowling modifikasi di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 3,48 dengan nilai tertinggi 16 dan nilai terendah 11 tergolong dalam kategori Berkembang Sangat Baik, dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan permainan kartu gambar di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 2,65 dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 8 tergolong dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak pada kelas eksperimen terdapat anak pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB)sebanyak 10 orang (67 %) dan anak pada kategoriBerkembang Sesuai Harapan (BSH)sebanyak 5 orang (33 %). Di kelas kontrol terdapatanak padakategoriBerkembang Sesuai Harapan (BSH)sebanyak 9 orang (60 %) dan anak pada kategoriMulai Berkembang (MB)sebanyak 6 orang (40 %).
Hasil pengujian menyimpulkan bahwa thitung= 6,183sedangkanttabel= 1,701, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: Ada Pengaruh Yang Signifikandari Permainan Bowling Modifikasi TerhadapKemampuan Mengenal Konsep Bilangan1-10 Pada Anak Usia4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal(ABA) T.A 2016/2017”.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v3i1.10627

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 2111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.