Pengaruh Model Pembelajaran Number Heads Together (Nht) Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk. Al-Ikhlas Kecamatan Bintang Bayu Kab. Serdang Bedagai T.A 2014/2015

Kamtini Kamtini, Nining Ramadhani

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “ apakah ada pengaruh model pembelajaran Number Heads together (NHT) terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Ikhlas Kec. Bintang Bayu Kab. Serdang Bedagai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Tk. Al- Ikhlas Kecamatan Bintang Bayu Kab. Serdang Bedagai.
Jenis penelitian ini adalah penelitian post test only control design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan menggunakan satu sekolah dengan dua kelas yaitu kelas pertama yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dan kelas ke dua dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 anak yang terbagi kedalam dua kelas yakni kelas B1 sebanyak 20 anak yang merupakan kelas eksperimen dan Kelas B2 sebanyak 20 anak yang merupakan kelas kontrol.
Penentuan sampel sekolah dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 anak.Variabel bebas adalah model pembelajaran Number Heads Together (NHT) sedangkan variabel terikat adalah perilaku sosial.
Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi dengan empat criteria yaitu baik sekali, baik, cukup, dan kurang. Analisis data mengunakan uji-t, dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 2,52 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 10, sehingga perilaku sosial anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 1,76 dengan nilai tertinggi 11 dan nilai terendah 7, sehingga perilaku sosial anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Pada kelas eksperimen anak yang mendapat nilai baik sekali (BS) sebanyak 80 % ( sebanyak 16 orang anak), Sedangkan yang mendapat nilai baik (B) sekitar 20 % ( sebanyak 4 orang anak), anak yang mendapat nilai Cukup (C) dan kurang (K) mendapat 0 %. Pada kelas kontrol anak yang mendapat nilai baik sekali (BS) sebanyak 0 %, Sedangkan yang mendapat nilai baik (B) sekitar 90 % ( sebanyak 18 orang anak), anak yang mendapat nilai Cukup (C) sekitar 10 % ( sebanyak 2 orang anak) dan anak yang mendapat nilai kurang (K) mendapat 0 %. Dari data di atas terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen terdapat rata-rata anak sebanyak 2,52 yang termasuk kedalam kategori baik sekali (BS) sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 1,76 yang termasuk kedalam kategori cukup (C). Berdasarkan hasil tersebut uji normalitas menyatakan Lhitung < Ltabel; atau 0,121< 0,190 maka data perilaku sosial anak untuk kelompok eksperimen berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas menyatakan Fhitung < Ftabel; (1,07415 < 2,296) maka varians data perilaku sosial anak kedua kelompok hasil penelitian berasal dari populasi yang homogeny, serta hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku sosial anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,412 > 1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian model pembelajaran Number Heads Together (NHT) berperngaruh secara signifikan terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Tk. Al- Ikhlas Kecamatan Bintang Bayu Kab. Serdang Bedagai.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v1i2.10636

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.