Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Salsa T.A 2016/2017.

Dina Oktaviani, Kamtini Kamtini

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun yang masih rendah khususnya dalam pengenalan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Salsa T.A 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dilembaga Tk Salsa kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan B3 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan berdasarkan random dengan jumlah sampel setiap kelas sebanyak 28 anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah media audiovisual sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca permulaan.Instrumen pengumpul data adalah lembar pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikansi pada taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 2,58 dengan nilai tertinggi 18 dengan kategori Baik Sekali yang mendapat presentasi nilai 86,6% dan nilai terendah 13 dengan kategori Baik yang mendapatkan presentasi nilai 13,4% Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 1,85 dengan nilai tertinggi 13 dengan kategori Baik yang mendapatkan presentasi nilai 86,6% dan nilai terendah 8 dengan kategori Cukup yang mendapat presentasi nilai 13,4%, sehingga kemampuan membaca permulaaan anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,57> 1,693 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Tk Salsa T.A 2016/2017.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v3i1.11100

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 2630 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.