Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Perwanis Sei Batang Serangan Kec. Medan Baru T.A 2016-2017.

Nellyana Nellyana, Kamtini Kamtini

Abstract


Dalam penelitian ini yang menjadi suatu masalah adalah pendidik masih kurang dalam penggunaan media yang dapat melibatkan anak saat proses pembelajaran khususnya pada materi udara sehingga anak belum mampu menceritakan apa yang telah dipelajari. Metode ceramah masih sering dilakukan dikelas sehingga kurang dapat memberikan pemahaman kepada anak serta pengalaman yang berkesan dalam pembelajaran sains. Terbatasnya alat-alat pembelajaran dikelas. Maka dari itu peneliti memilih untuk melakukan pengenalan sains dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode eksperimen terhadap pengenalan sains anak usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan T.A. 2016/2017.
Metodepenelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelas B TK Perwanis Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen (B1) yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan pengajaran di kelas kontrol (B2) menggunakan metode demonstrasi. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan jumlah setiap sampel kelas sebanyak 20 anak. Variabel bebas adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikat adalah pengenalan sains. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil pengumpulan data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 10,8 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 9, sehingga pengenalan sains anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 8,7 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 7, sehingga pengenalan sains anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap pengenalan sains anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,17> 1,705 pada taraf α = 0.05.
Sedangkan nilai Fhitung 1,15 dibandingkan dengan nilai Ftabel (α=0,05 dan dk pembilang 19 dan penyebut 19) diperoleh 2,25; sehingga Fhitung < Ftabel; kesimpulan varians data pengenalan sains anak kedua kelompok hasil penelitian berasal dari populasi yang homogen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimendapat mempengaruhi pengenalan sains anak usia 5-6 tahun di di TK Perwanis Sei Batang Serangan Medan T.A. 2016/2017.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v3i1.11101

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 819 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.