Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan berbicara anak belum berkembang secara maksimal maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bernyanyi terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Tk Hikmatul Fadhillah Kota Medan.Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu TK B (5-6 Tahun). Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan menggunakan kegiatan bernyanyi, dan kelas kontrol 15 orang anak menggunakan metode Tanya jawab di dalam kelas.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan kegiatan bernyanyi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (10,58) > ttabel (1,701). Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan Tahun Ajaran 2016/2017Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11540
Article Metrics
Abstract view : 123 timesPDF - 1695 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.