Pengaruh Metode Proyek terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas T.A 2017/2018

Masyunita Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman. Jenis penelitian ini adalah  true eksperimen, dengan desain only posstest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode proyek, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun. Instrument  pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t dan observasi dilakukan pengobservasian dengan panduan observasi yang telah disediakan dengan taraf nyata α = 0,05.

Berdasarkan hasil analisi data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 7,53 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 6, sehingga kecerdasan interpersonal anak kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 6,26 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 5, sehingga kecerdasan interpersonal anak kelas kontrol belum maksimal berkembang. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang menyatakan bahwa thitung (3,628)  ttabel (1,701) pada taraf α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan interpersonal  anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas T.A 2017/2018.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11541

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.