Hubungan Bimbingan Guru Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak Gugus Bougenville1 Kecamatan Koto Tangah Padang

Tia Mardiani, Zulminiati Zulminiati, Nenny Mahyuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimingan guru terhadap kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Gugus Bougenville 1 Kecamatan Koto Tangah Padang. Kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Gugus Bougenville 1 menunjukkan bahwa masih ada anak yang kurang percaya diri, bertanggung jawab, displin dalam kegiatan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional menggunakan teknik sampling total dengan jumlah populasi 26 orang guru. Berdasarkan analisis data, diperoleh koefisien korelasi antara pembiasaan dengan kemandirian anak sebesar 0,772 dan koefisien  determinasinya sebesar 0,596. Hasilnya diperoleh bimbingan guru sebesar 59,6 % terhadap kemandirian anak signifikan pada taraf 5%. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan guru mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Gugus Bougenville 1 Kecamatan Koto Tangah Padang sebesar 59,6.% dengan koefisien korelasi kuat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i2.12116

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.