Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah sebagai referensi untuk memperkaya
studi literatur tentang pentingnya kemampuan menyimak bagi anak usia dini agar bermanfaat bagi orang tua, guru, dan orang dewasa lainnya agar lebih intens dalam mengembangkan kemampuan menyimak bagi anak usia dini. Bahasa ada yang bersifat reseptif (dimengerti, diterima) maupun ekspresif (dinyatakan). Kemampuan menyimak merupakan keterampilan bahasa reseptif karena dalam keterampilan ini makna bahasa diperoleh dan diproses melalui simbol visual dan verbal. Ketika anak menyimak, mereka memahami bahasa berdasarkan konsep pengetahuan dan pengalaman mereka. Sehingga hal ini penting karena jika anak memiliki kemampuan menyimak yang baik maka anak
akan lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru ataupun orang dewasa lainnya dan dengan mudah juga untuk menginterpretasikannya pada kehidupan sehari-hari
studi literatur tentang pentingnya kemampuan menyimak bagi anak usia dini agar bermanfaat bagi orang tua, guru, dan orang dewasa lainnya agar lebih intens dalam mengembangkan kemampuan menyimak bagi anak usia dini. Bahasa ada yang bersifat reseptif (dimengerti, diterima) maupun ekspresif (dinyatakan). Kemampuan menyimak merupakan keterampilan bahasa reseptif karena dalam keterampilan ini makna bahasa diperoleh dan diproses melalui simbol visual dan verbal. Ketika anak menyimak, mereka memahami bahasa berdasarkan konsep pengetahuan dan pengalaman mereka. Sehingga hal ini penting karena jika anak memiliki kemampuan menyimak yang baik maka anak
akan lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru ataupun orang dewasa lainnya dan dengan mudah juga untuk menginterpretasikannya pada kehidupan sehari-hari
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i1.22444
Article Metrics
Abstract view : 1998 timesPDF - 8571 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.