Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun Di TK Sos Desa Taruna Medant.A 2018/2019
Abstract
Permasalahan dalam pendidikan ini adalah kurangnya perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK SOS Desa Taruna Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode kerja kelompok di TK SOS Desa Taruna Medan T.A 2018/2019. (2) untuk mengetahui pengaruh metode kerja kelompok terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK SOS Desa Taruna Medan T.A 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu One Group Pre-test Pos-Test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelas B1 yang ada di TK SOS Desa Taruna Medan yang berjumlah 30 orang anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling yakni memilih sampel kerena pertimbang tertentu yang berjumlah 13 orang anak. Variabel bebas adalah metode kerja kelompok sedangkan variabel terikat adalah perkembangan sosial. Instrumen pengumpulan data yitu melalui pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa hasil rata-rata pre-test= 7 dan hasil rata-rata post-test= 11. Dari analisis data di peroleh Jhitung= 46,5 dengan α =0,05 adapun Jtabel =17 dari data tersebut terlihat bahwa J hitung > J tabel dimana 46,5 > 17 artinya Ho ditolak Ha diterima. Artinya " Ada pengatuh metode kerja kelompok terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK SOS Desa Taruna Medan T.A 2018/2019Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i1.22465
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF - 1177 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.