Pengaruh Kegiatan Kolase Ampas Kelapa Berwarna Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina I Binjai

Syafriana Insani, Damaiwaty Ray

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak yang sering bergantung pada apa yang di contohkan oleh guru, sehingga anak cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan agar anak di TK Negeri Pembina I Kota Binjai lebih kreatif.

Jenis penelitan ini adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Negeri Pembina I kota Binjai, yang berjumlah 2 kelas yaitu B1 dan B2 yang masing-masing kelas berjumlah 40 dan 33 anak. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan kelas B1 sebagai kelas kontrol dengan teknik random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian adalah observasi terstruktur dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05.

Dalam penelitian ini variabel yang dikembangkan ialah variabel terikat berupa perkembangan kreativitas indikator yang diamati yaitu menghasilkan ide baru dan memecahkan masalah. Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini ialah kegiatan kolase dengan ampas berwarna indikator yang diamati yaitu karya seni dan teknik menempel.Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 10,775 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 9, sehingga perkembangan kreativitas anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 5,818 dengan nilai tertinggi 7 dan nilai terendah 4 sehingga perkembangan kreativitas anak pada kelas kontrol tergolong dalam kategori cukup. Dari hasil Uji normalitas kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltebel yaitu 0,183 < 0,886, dan kelas kontrol Lhitung < Ltebel yaitu 0,1364 < 0,886. Dari pengujian homogenitas diperoleh Fhitung = 1,045 dan Ftabel = 1,805. Kemudian dari uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 19,592 > 1,673. Maka hipotesis Ho ditolah dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa kegiatan kolase dengan ampas kelapa berpengaruh terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina I Kota Binjai

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i2.23023

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.