Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Bola Basket (Modifikasi) Di TK Putik Harapan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Devi Muliana Sari, Sariana Marbun

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan melalui permainan bola basket (modifikasi) dapat mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Putik Harapan” . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Putik Harapan.

Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpul data yang digunakan penulis adalah lembar observasi. Teknik Analisis data menggunakan rumus Pi=f/n x 100%.

Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa sebanyak 10 orang (50%) anak yang tergolong cukup aspek pengembangan motorik anak, 10 orang (50%) anak yang tergolong baik perkembangan motorik anak. Dari data hasil observaasi tersebut sehingga perlui dilakukan pembelajaran melalui metode permainan modifikasi bola basket yang lebih baik pada siklus 2. Dari hasil analisis siklus 2 diperoleh hasil bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat yaitu bahwa jumlah anak yang kemampuan motorik kasar anak tergolong sangat baik motorik kasar anak bertambah menjadi 18 orang (1844.34%), anak yang tergolong baik menjadi 2 orang (155.54%).

Dari hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa permainan bola basket (modifikasi)  dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Putik Harapan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i1.23210

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.