Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5 – 6 Tahun di PAUD Harapan Kita

Ardianti Surya Ningsih, Dorlince Simatupang

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun masih kurang berkembang  khususnya dalam mewarnai dan menempel gambar. Oleh karena itu perlu menggunakan metode yang tepat, salah satunya metode demontrasi. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh metode demontrasi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Paud Harapan KitaT.A 2016/2017.

Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-post test control grup design. Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 62 anak, yang terdiri dari 31 anak di kelas eksperimen dan 31  anak di kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 14,16 dengan nilai tertinggi 16 dan nilai terendah 11, sehingga perkembangan motorik halus anak pada kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol yang mempunyai nilai rata-rata 11,19 dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 11. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode demontrasi berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung  >   ttabel  yaitu 8,427 > 1,6749 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : Ada Pengaruh Yang Signifikan Dari Metode Demontrasi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Harapan Kita Tahun Ajaran 2017/2018.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode demontrasi mampu memberikan peningkatan terhadap perkembangan motorik halus anak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i1.23211

Article Metrics

Abstract view : 337 times
PDF - 518 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.