Pengaruh Media Audio Visual Gerak Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B Di TK ABA 06 Cabang Medan

Ade Kurnia Sari, Nurmaniah Nurmaniah

Abstract


Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah kemampuan bercerita anak belum berkembang dengan baik.Karena kurangnya guru dalam menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti penggunaan media pembelajaran media audio visual yang dimana media audio visual cukup banyak memberikan motivasi dalam kemampuan bercerita anak yang baik, karena mampu mengaktifkan kedua indera yaitu pendengaran dan penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan bercerita anak di kelompok B di TK Aba 06 Cabang Medan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian post test only control design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan bercerita anak di kelompok B di TK Aba 06 Cabang Medan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2.  Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 anak.Variabel bebas adalah penggunaan media audio visual sedangkan variabel terikat adalah kemampuan bercerita anak. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data mengunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 10,05 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, sehingga pengembangan kemampuan bercerita anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,05 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5, sehingga pengembangan kemampuan bercerita anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan.

Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan kemampuan bercerita anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh t hitung  >  t tabel, yaitu 8,62 > 1,72   pada taraf α = 0.05. Dengan demikian penggunaan media audio visual berperngaruh secara signifikan terhadap pengembangan kemampuan bercerita anak Kelompok B di TK Aba 06 Cabang Medan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i1.23212

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.