Pengaruh Kegiatan Bermain Congklak Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di TK An-Nur
DOI:
https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i2.23216Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak masih rendah, pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan kognitif anak pada usia 4-5 tahun di TK AN NUR Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Possstest-Only Control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK AN NUR. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Pengujian ini digunakan dengan menggunakan uji Liliefors (uji-t) dengan taraf nyata = ß™0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sifgnifikan. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh rata-rata skor kemampuan kognitif anak kelas ekperimen 6,25 dan kelas kontrol 4,37 . dari hasil observasi kedua sampel diperoleh selisih 1,88 . Dari data yang diperoleh tersebut didapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif anak dikelas ekperimen dan kelas kontrol.Sedangkan hasil uji hipotesis terbukti bahwa tà¦à§à²à³à¬à¥ (0,8065) >tà²àŸà à£àª (0,285). Hal tersebut sesuai dengan hasil uji hipotesis Hà“ ditolak dan HàŸ diterima. Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan permainan congklak terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK AN NURDownloads
Published
2021-02-07
Issue
Section
Articles