Pengaruh Kegiatan Bermain Congklak Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di TK An-Nur

Nursyah Rida Syanti Siregar, Dorlince Simatupang

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak masih rendah, pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan kognitif anak pada usia 4-5 tahun di TK AN NUR Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Possstest-Only Control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK AN NUR. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Pengujian ini digunakan dengan menggunakan uji Liliefors (uji-t) dengan taraf nyata = ߙ0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sifgnifikan. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh rata-rata skor kemampuan kognitif anak kelas ekperimen 6,25 dan kelas kontrol 4,37 . dari hasil observasi kedua sampel diperoleh selisih 1,88 . Dari data yang diperoleh tersebut didapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif anak dikelas ekperimen dan kelas kontrol.

Sedangkan hasil uji hipotesis terbukti bahwa t୦୧୲୳୬୥ (0,8065) >t୲ୟୠୣ୪ (0,285). Hal tersebut sesuai dengan hasil uji hipotesis H୓ ditolak dan Hୟ diterima. Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan permainan congklak terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK AN NUR

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i2.23216

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.