Optimalisasi Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktek Musik AUD pada Penggunaan Aplikasi Kinemaster Di PG PAUD FIP UNIMED

May Sari Lubis, Isa Hidayati, Wan Nova Listia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring pada mata kuliah praktek musik aud melalui aplikasi zoom dalam penggunaan aplikasi kinemaster di PG PAUD FIP UNIMED. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis kualitatif dalam satu kegiatan penelitian dengan subjek penelitian mahasiswa PG PAUD semester III 2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui observasi yang disebarkan melalui angket, wawancara yang dilakukan melalui pelatihan pembelajaran daring melalui zoom dalam penggunaan kinemaster pada mata kuliah praktek musik aud dapat menjadi alternative yang baik dalam pembelajaran daring dimasa pandemic dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah praktek musik aud serta dari dokumentasi melalui video bahwa mahasiswa mampu mengikuti dan menggunakan aplikasi kinemaster dalam kegiatan ansambel musik dengan arransement lagu anak. Dari hasil analisis praktek lapangan yang dilakukan secara virtual menunjukkan bahwa, pembelajaran daring melalui zoom dan penggunaan aplikasi kinemaster ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa baik secara individu maupun kelompok dalam pembelajaran praktek musik aud

Full Text:

PDF

References


Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: depdikbud

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publications

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education.

Rachmi, Tetty,dkk. 2008. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25659

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com