Analisis Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Bermain Boneka Jari Usia 5-6 Tahun Di TK Happy Holy Kids Setia Budi Medan

Rosa Dame Pandiangan, Nurmaniah Nurmaniah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan sosial emosional anak yang belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Bermain Boneka Jari Usia 5-6 Tahun Di Tk Happy Holy Kids Setia Budi Medan T. A 2020/ 2021.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kelas kelompok B, yaitu kelas TK B2. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 4 orang dari TK kelompok B usia 5-6 tahun di kelas TK B2 TK Happy Holy Kids Setia Budi Medan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat responden mengalami perubahan pada kemampuan sosial emosional dimana pada awal pertemuan terdapat responden yang tidak mau melakukan kegiatan bermain boneka jari sehingga sikap kooperatif/ bekerja sama dan juga sikap toleran pada keempat responden belum terlihat, emosi pada anak juga masih kurang terlihat, responden tidak memahami peraturan dan disiplin namun pada pertengahan hingga akhir pertemuan sikap kooperatif dan sikap toleran pada responden sudah muncul, responden juga dapat mengekspresikan emosi marah, senang/ bahagia, sedih, dan kaget dengan tepat sesuai dengan kondisi, serta responden telah mampu memahami peraturan dan disiplin. Jadi, kegiatan bermain boneka jari dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak karena kegiatan bermain boneka jari memiliki banyak manfaat yang dapat merangsang rasa ingin tahu anak sehingga anak akan bertanya atau merespon apa yang dikatakan oleh gurunya, melalui kegiatan ini juga daya imajinasi anak akan terangsang untuk membayangkan tokoh- tokoh yang diperankan sehingga anak akan mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi pada waktu anak bermain boneka jari dan anak juga akan menjalin komunikasi dengan lawan bicara anak atau temannya.


Full Text:

PDF

References


Chrestiyani, Sisca dan Hasibuan, Rachma (2018). Implementasi Media Boneka Jari Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Kosgoro Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/i ndex.php/paud- teratai/article/view/22604/20730. Diakses pada 06 Januari 2020 Pukul 19.18 WIB

Fadlillah, M. 2016. Bermain Permainan. Jakarta. Kencana.

Fauziddin, Mohammad. 2017. Bermain, cerita, dan Menyanyi Secara Islami. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, Sri Agustin (2013). Penggunaan Boneka Sebagai Media Simulasi Kreatif Di Sekolah Dasar. file:///C:/Users/USER/Downloads/18 01-4197-2-PB.pdf. Diakses pada 25 Agustus 2020 Pukul 16.22 WIB

Musyarofah (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016.

https://media.neliti.com/media/publica tions/223896-pengembangan-aspek- sosial-anak-usia-dini.pdf. Diakses pada 15 Januari 2020 Pukul 00.19

Oktavyani, Vlorenia. 2011. Asyiknya Mendongeng Dengan Boneka Jari. Jakarta Selatan. Demedia Pustaka

Rakhma, Eugenia. 2017. Menumbuhkan Kemandirian Anak. Jogjakarta. Stiletto Book.

Saputra, Ilman. 2011. Membangun Sosial Emosi Anak di Usia 4-6 Tahun. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Soetjiningsih, Cristiana Hari. 2018. Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak- Kanak Akhir. Depok. Prenadamedia Group

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta. Kencana.

Suryani, Novi Ade (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ potensia/article/view/7618/4192. Diakses pada 27 Januari 2020 Pukul 14.07 WIB

Tatminingsih, Sri (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/ article/view/170. Diakses pada 27 Januari 2020 Pukul 14.02 WIB

Winda (2014). Boneka Jari Sebagai Media Pembelajaran Kelas Renda Sekolah Dasar. https://www.neliti.com/id/publication s/240892/boneka-jari-sebagai pembelajaran-kelas-rendah-sekolah- dasar. Diakses pada 28 Januari 2020 Pukul 10.50 WIB

Zoorida (2017). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kombinasi Example Non Example dan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Divariasikan Dengan Role Playing. file:///C:/Users/lenovo/Downloads/198- Article%20Text-304-1-10-20180312.pdf. Diakses pada 03 Maret 2020 Pukul 16.16 WIB




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25660

Article Metrics

Abstract view : 528 times
PDF - 946 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.