Analisis Keterlambatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Di TK Swasta Antonius 2

Renta Ida Tampubolon, Dorlince Simatupang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlambatan perkembangan sosial emosional anak usia dini umur 5-6 Tahun ditinjau dari pola asuh orangtua di TK Swasta Santo Antonius 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk menggali informasi dan memberi gambaran tentang keterlambatan perkembangan sosial emosional anak ditinjau dari pola asuh orangtua. Populasi penelitian ini adalah semua anak kelas B2 di TK Swasta Antonius 2 yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi digunakan untuk melihat keterlambatan perkembangan sosial emosional anak dan angket digunakan untuk melihat pola asuh orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe pola asuh orangtua yang dapat menyebabkan anak mengalami keterlambatan perkembangan sosial emosional anak adalah tipe pola asuh otoriter dan permisif. Sedangkan tipe pola asuh orangtua demokrasi dapat mengembangkan aspek perkembangan sosial emosional anak dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Budiman. 2010. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Stikes. 5 (1) : 200

Casmini. 2011. Emotional parenting: dasar-sasar pengasuhan kecerdasan emosi anak. Yogyakarta: Pilar Media.

Desi Kurnia Sari. 2018. Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif. Jurnal Ilmiah Potensia. 3 (1) : 5-6

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Ali. 2014. Materi Pokok Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Nurjannah. 2017. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Jurnal Bimbingan Konseling. 14 (1) : 55-60

Nurmalitasari. 2015. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Buletin Psikologi. 23 (2) : 104-105

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25661

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 978 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.