Analisis Keterlambatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Di TK Swasta Antonius 2

Ega Krismaya, Aman Simaremare

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlambatan perkembangan sosial emosional anak usia dini umur 5-6 Tahun ditinjau dari pola asuh orangtua di TK Swasta Santo Antonius 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk menggali informasi dan memberi gambaran tentang keterlambatan perkembangan sosial emosional anak ditinjau dari pola asuh orangtua. Populasi penelitian ini adalah semua anak kelas B2 di TK Swasta Antonius 2 yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi digunakan untuk melihat keterlambatan perkembangan sosial emosional anak dan angket digunakan untuk melihat pola asuh orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe pola asuh orangtua yang dapat menyebabkan anak mengalami keterlambatan perkembangan sosial emosional anak adalah tipe pola asuh otoriter dan permisif. Sedangkan tipe pola asuh orangtua demokrasi dapat mengembangkan aspek perkembangan sosial emosional anak dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Materi Pelatih Penguatan Kemampuan Pengawas Sekolah: Supervisi Akademik, Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdiknas.

Diana, Eka Nova. 2019. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Raudhathul Athfal (RA) Miftahul Jannah Sukoharjo Pringsewu. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, 2007. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ramayulis, Pelaksanaan Supervisi Pengajaran oleh Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Profesional Guru di TK Cut Meutia Kota Banda Aceh, Jurnal Media Inovasi Edukasi. 3(10): 372-380.

Romadhoni, Febri Rahmawati. 2016. Supervisi Kepala TK dan Kinerja Guru TK di Gugus I Kecamatan Kalibawang Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Paud S-1. 5(10): 1075-1089.

Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tatang. 2016. Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Wiyani, Novan Ardy. 2017. Profesionalisasi Kepala PAUD Strategi Menjadi Kepala PAUD yang Berstandar dan Berkualitas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf, dkk. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Taman Kanak-kanak di Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 4(1): 49-56.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25662

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.