Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain

Elya Siska Anggraini

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru dalam pembelajaran anak usia dini, sehingga adanya upaya seorang guru dalam mengembangkan komunikasi efektif dalam pendidikan anak usia dini melalui pola komunikasi. Teknik pengumpulan data melalui analisis deskriptif. Pola komunikasi dalam belajar mengajar adalah adanya sebuah kegiatan yang dilakukan antara guru dan peserta didik agar tercapainya tujuan dengan adanya perubahan tingkah laku, meningkatnya aspek perkembangan anak, pemahaman, keterampilan, dan sikap. Pola komunikasi guru yaitu: (1) Pola komunikasi primer, (2) pola komunikasi media (mainan), (3) Pola komunikasi dialog (4) Pola komunikasi perhatian, (5) Pola komunikasi / stimulasi. Pada anak usia dini, bermain dapat memberikan banyak manfaat terhadap perkembangannya. Adapun manfaat bermain dapat mengembangkan aspek moral, motorik, kognitif, bahasa, serta perkembangan sosial anak

Full Text:

PDF

References


Fadlillah,M.,dkk.2014. “Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, Dan Menyenangkan”. Jakarta: Prenadamedia Group.

Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 1 Nomor 1, februari 2018. Martani, Wisjnu. 2012. “Metode Stimulasi dan Perkembangan Anak Usia Dini”. Yogyakarta. Jurnal Psikologi

Mulyana, D. (2002). “Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar”. Bandung: PT Remajan Rosdakarya.

Nurmala, R., Maulana, S., & Prasetio, A. (2016). “Komunikasi Verbal dan Non verbal Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Studi Kasus pada Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bintang Gang Nangkasuni”, Wastukencana Bandung). E-Proceeding of Management, 3(1), 802-809.

Risaldy, S. (2014). “Bermain, Bercerita, dan Menyanyi”. Jakarta: Luxima Metro Media.

Sentosa, A. T. (2015). “Pola Komunikasi Dalam Proses Interaksi Sosial di Pondok Pesantren Nurul Islam Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman”, 3(3), 491–503.

Sholicha, H. P., Fatonah, S., & Susilo, E. (2015). “Pola Komunikasi Antara Guru dan Murid Dalam Menyampaikan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3), 224–233.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25783

Article Metrics

Abstract view : 753 times
PDF - 2463 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.