Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Salsabila Kecamatan Medan Marelan

Authors

  • Mutiara Ernanda Putri UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Nurmaniah Nurmaniah UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25784

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyimak anak, dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi terutama dalam pembelajaran yang berhubungan dengan aspek berbahasa anak. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di kelas B2 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the equivalen time samples design. Variabel bebas adalah kegiatan bermain pesan berantai dan variabel terikat adalah kemampuan menyimak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data analisis dengan menggunakan metode deskriptif dan uji tes Q chocran,yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menyimak anak berkembang dengan baik dan mengalami peningkatan ketika dibelajarkan dengan pembelajaran menggunakan kegiatan bermain pesan berantai dibandingkan ketika tidak diberikan dengan kegiatan bermain pesan berantai, dilihat dari uji test Q chocran diperoleh Qhitung > X²tabel yaitu 26,465  > 19,625 pada taraf . Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain pesan berantai memiliki pengaruh signifikan terhadap keteramipilan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN

Author Biographies

Mutiara Ernanda Putri, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

PG PAUD FIP

Nurmaniah Nurmaniah, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

PG PAUD FIP

References

Akhadiah,Sabarti.1992. Bahasa Indonesia II. Jakarta:Depdikbud

Dhieni, N. (2007). Model Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Faridah Kartono.2013. Kelebihan dan Kekurangan bermain pesan berantai pada anak usia dini. Artikel penelitian pada Universitas Tanjung Pura Pontianak. Diakses tanggal 5 april 2019

Hermawan, H. 2012. Menyimak Keterampilan Komunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iskandarwassid, Sunendar Dadang. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT.Renaja Rosda Karya

Jannah, RR, Pudjiastuti, dkk. 2018. 144 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Inteligences. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kamidjan dan Suyono. 2002. Menyimak. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikdasmen Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama

Kurniawan, Yudha. 2007. Smart Games For Kids. Jakarta: Wahyu Media

Lestari, Sri. 2012. Aktivitas Cerdas Pengisi Kegiatan PAUD. Jakarta: Platium

Montolalu, B. E. F, dkk. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munandar.2000. Kreativitas dan Keterampilan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Nisak, Dian. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sudjana. 2005.Metode Statistika. Bandung: Tarsiti Bandung.

Suyanto, S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kualitatif.Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhesti, EA. 2017. 77 Games Berkarakter Dalam Bimbingan Konseling. Bandung: Yrama Widya

Suprawoto.2012. Metode Permainan Mendengar Berantai. (Online). Di akses tanggal 5 April 2019. http://www.metode+permainan+mendengar+berantai

Suandi, N, Sudiana, dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: Rajagrafindo Persada

Titi Rachmi.2015.Pengaruh Permainan dan Kemampuan Menyimak Terhadap Kemampuan Bercerita Kelompok B TK di Tangerang. Vol. 9 Edisi 1, April. Di akses tanggal 2 April 2019. ttps://doi.org/10.21009/JPUD.091

Tarigan,Djago. 2003. Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdikbud

Tarigan, HG. 2013. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyani, Novan Ardy, 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media

Downloads

Published

2021-06-18

Issue

Section

Articles