Pendampingan Guru Dalam Penggunaan Alat Permainan Edukatif Berbasis Enam Aspek Perkembangan Anak Di TK Salsa
Abstract
Pendidikan yang bermutu memerlukan guru yang memahami kebutuhan anak usia dini untuk mencapai tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan usianya. Disamping guru yang bermutu, diperlukan pula pembelajaran yang menarik bagi anak melalui benda-benda yang hadir secara kongkrit ditengah-tengah anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan bagi guru-guru di TK Salsa dalam penggunaan alat permainan edukatif (APE) sesuai untuk menstimulus enam aspek perkembangan dan menyusun asesmen perkembangan anak usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dan komprehensif melalui kegiatan pendampingan berkelanjutan dan simulasi APE Magic BABO bebrbasis enam aspek perkembangan anak usia dini. APE yang digunakan diberi nama Magic BABO (Balok Book). Hasil pendampingan ini bersifat moril berupa peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan APE Magic BABO, peningkatan pengetehuan guru dalam menyusun asesmen berbasis enam asperk perkembangan anak, hasil yang bersifat fisik adalah adanya APE Magic BABO bebrbasis enam aspek perkembangan anak usia dini yang dapat digunakan oleh guru di dalam pelaksanaan pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Firdani, Lara. Dkk, 2011, Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pyle, A., Prioletta, J., & Poliszczuk, D. (2018). The Play-Literacy Interface in Full-day Kindergarten Classrooms. Early Childhood Education Journal, 46(1), 117–127. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0852-z
Soetjiningsih, Christiana Hari (2012). Perkembangan Anak Sejak Masa Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i2.30516
Article Metrics
Abstract view : 338 timesPDF - 91 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.