Analisis Kemampuan Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Pada Guru PAUD

Adillah Sulistiawati, Anisa Ruhi Shabrina, Melysa Hayati, Shella Kesuma Dewi, Widya Pratiwi

Abstract


Penilaian dilakukan secara alami, yaitu pada saat anak bermain,
menggambar atau membuat karya. Tempat dan waktu penilaian yang akan dilakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan penilaian dan anak yang akan dinilai serta rancangan kegiatan pelaksanaan program yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam memberikan penilaian perkembangan anak dan permasalahan apa yang dihadapi guru dalam melakukan penilaian. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Kesuma Jaya, Desa Wonosari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Subyek dari penelitian ini adalah para guru di TK Kesuma Jaya yang berjumlah tiga orang. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah guru PAUD mengalami kesulitan dalam membuat dan melaksanakan penilaian bagi anak usia dini. Solusi yang dapat diberikan atas masalah tersebut adalah dengan mengadakan program pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi atau yang disingkat dengan PPTBK bagi guru pendidikan anak usia dini dan program in house training (IHT).


Full Text:

PDF

References


Dewi, Finita . Justicia,Risty . Bayuni,Tia Citra. 2022. Pelatihan Media Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud. Universitas Pendidikan Indonesia

Dr. Asep Supena, Indra Jaya dan Dona Paramita. 2018. Penilaian Dan Laporam Perkembangan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan anak usia dini dan pendidikan Masyarakat. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Enah Suminah,Yulianti Siantayani dan Dona Paramitha. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan anak usia dini dan pendidikan Masyarakat. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Mirawati. Dkk. PPBK: Peningkatan Kemampuan Guru Paud Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Nafiqoh,Heni . Aprianti,Ema . Rohaeti,Euis Eti. 2019. Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penilaian Anak Usia Dini dengan Teknik Fortopoli. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan SILIWANGI

Ria Novianti, Enda Puspitasari, dan Daviq Chairilsyah. 2013. Pemetaan Kemampuan Duru Paud dalam Melaksanakan Asssesmen Perkembangan Anak Usia dini di Kota Pekan Baru. Pekan Baru

Safitri,Umi. Aunurrahman. Miranda,Dian. 2019. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini di Tk Lkia Ii Pontianak. D FKIP Untan Pontianak

Sari, K.M & Setiawan, H. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912

Solikhan. 2022. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melakukan Penilaian Autentik Melalui Kegiatan In House Training (IHT). Universitas Nahdlatul Ulama Blitar




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.34881

Article Metrics

Abstract view : 889 times
PDF - 822 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.