Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Rizka Fadilah Fatmawati, Riesta Rahmadian, Siska Ayu Lestari, Uswatun Hasanah

Abstract


Pendidikan merupakan ladang investasi terbesar dalam membangun dan membentuk manusia seutuhnya. Keluarga sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama bagi anak, karena memiliki peran yang cukup besar dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai referensi untuk memperkaya studi literatur tentang pendidikan anak dalam keluarga agar bermanfaat bagi orang tua, guru, dan orang dewasa lainnya agar lebih terfokus dalam mengembangkan pendidikan anak dalam keluarga. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu penelitian yang yaitu jenis penelitian yang membatasi kegiatannya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan tanpa perlu melakukan riset lapangan. Dari penelitian ini diperoleh aspek pendidikan yang sangat penting untuk diberikan dan diperhatikan orang tua, di antaranya: Pendidikan ibadah, Pendidikan Akhlakul Karimah, Pendidikan Akidah. Sebagai orang tua mempunyai tugas dan kewajiban untuk mendidik, memberikan pelajaran, didikan dan bimbingan tentang ilmu-ilmu yang meliputi bekal untuk hidup didunia dan akhirat, dengan kedua ilmu itu akan dapat diraih kehidupan dunia yang makmur dan kebahagiaan di akhirat. Dan dari orangtualah anak pertama kali mengenal dunia. Melalui mereka anak mengembangkan seluruh aspek pribadinya. Dalam hal itu orangtua tidak hanya melahirkan anak, melainkan juga orangtua yang mengasuh, melindungi dan memberikan kasih sayang kepada anak.

Full Text:

PDF

References


Aba Firdaus Al-Halwani. Melahirkan Anak Saleh. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2001.

Abdul Mustaqim. Menjadi Orangtua Bijak, Solusi Kreatif Menangani Pelbagai Masalah Pada Anak. Bandung: Al-Bayan Mizan, 2005.

Abdullah Nasih Ulwan. Pendidikan Anak menurut Islam: Kaidah-kaidah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Achmadi. Idielogo Pendidikan Islam. Yogyakakarta : Pustaka Pelajar, 2005.

Al-Husaini Abdul Majid Hasyim, dkk, Pendidikan Anak Menurut Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Anwar. Pendidikan Anak Dini Usia. Bandung

Armai Arief. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Chabib Thoh. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Surabaya: Jaya Sakti, 1989.

Hibana S. Rahman. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Cerdas Pustaka, 2005.

Hidayat Nur. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak, Depok, Steman, Jogjakarta

Jalaludin Rahmad dan Muhtar Gandaatmaja. Muslim dalam Masyarakat Modern, 12.

Kun Maryati dan Juju Suryawati. Sosiologi Pendidikan, 70.

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya, 2009 Bandung.

Nasy’at Al-Masri dan Uklhti Al Muslimah Kaifa Tastaqbilin Mauludiki Al-Jadid, Menyambut Kedatangan Bayi, trans. oleh Salim Basyarahil, 24 ed. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

Yasin Musthofa. EQ Untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sketsa, 2007.

Yunahar Ilyas. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI UMY, 2002.

Zainuddin dkk. Seluk Beluk Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.34959

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 3841 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.