Pendidikan Islam Anak Dalam Keluarga

Intan Lestari, Dwi Mutiara Ayu Mustika, Citra Mamikat

Abstract


Keluarga merupakan lingkungan yang pertama bagi anak. Anak – anak memperoleh pengalaman pertamanya dari keluarga. Orangtua merupakan model bagi anak, ketika orang tua melalukan sesuatu anak akan mengikuti orang tua mereka. Hal ini disebabkan anak dalam masa meniru. Setiap Orang tua dalam mendidik anak tentunya berbeda. Mereka mempunyai suatu gaya atau tipe sendiri yang akan berpengaruh pada perkembangan anak. Karena itu lingkungan keluarga sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak terutama perkembangan sosio-emosionalnya. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui tentang pendidikan anak dalam keluarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research yang jenis penelitiannya membatasi kegiatannya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan tanpa perlu melakukan riset lapangan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pendekatan yang digunakan penelitian ini pendekatan komparatif. Hasil dari penelitian yaitu bahwa Keluarga merupakan institusi Pendidikan pertama bagi anaknya. Ayah menjadi pendidik dan seorang ibu yang memiliki kedekatan yang erat dengan anak – anaknya.


Full Text:

PDF

References


‘Ain, Ali Kholil Abul, 1987, Falsafah at-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’anil Kariim, Dar al-Fikr al-Araby. Hasbullah, 2001, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta. Pedagogik; Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2 Januari-Juni 2016

‘Isawi, Abdurrahman, 1994, Anak dalam Keluarga (Jakarta: Studia Press).

Aba Firdaus Al-Halwani. Melahirkan Anak Saleh. (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2001), 13

Arifin, M, 1993, Kapita Selecta Pendidikan (Islam dan Umum), Bumi Aksara, Jakarta.

Armal Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), 76.

Edi Widianto, “PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA n.d., h. 36.,”

Hadits Shohih Bukhari, no. 1296

Hery Noer, Munzier, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2003, hlm. 220.

Hidayat Nur, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak, Depok, Sleman, Jogjakarta 55282.

Irma Rostiana, Widowati, and Mirna Nur Alia A, “Hubungan Pola Asuh OrangTua Dengan Motivasi Anak Untuk Bersekolah Di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung.”Jurnal Sositas 5, no 2 (n.d).

M. Ihsan Dacholfany, Kontribusi Pemikiran dan Perjuangan Imam Zakarsy dalam Memajukan Lemabaga Pendidikan Islam, buku Tokoh-Tokoh Ulama Melayu Nusantara, Pusat Pengajian Teras KUIS Malaysa dan Jabatan Agama Islam Selangor (JAIS), Selangor: Lembaga Zakat Selangor (LZS), 2016, hlm. 590.

M.I. Sulaeman, h. 8-10

Mahmud, Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, h. 140

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini, Pustaka Pelajar Yogyakarta 55167

Surayin, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung: Yrama Widya, 2001, hlm. 447.

Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan (Jakarta: Rineke Cipta, 1992), 66

Syaiful Bahri2006 Djamarah, StrategiBelajarMengajar (Jakarta: Rineka Cipta), 17.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.35690

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.