Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di TKS Muslimat NU XIII Tlanakan Pamekasan

Syafiqi Albariqoh, Musayyadah Musayyadah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TKS Muslimat NU XIII Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelompok A TKS Muslimat NU XIII sebanyak 23 anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di TKS Muslimat NU XIII mampu meningkatkan perkembangan kreativitas anak. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap pada anak yaitu anak lebih percaya diri, berani mengemukakan pendapatnya, rasaingin tahu yang tinggi dan mandiri yang merupakan ciri anak kreatif. Adapun faktor pendukung dalam kegiatan ini yaitu guru sebagai fasilitator, kondisi kelas, media pembelajaran, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas, prilaku anak yang berbeda-beda sehingga terkadang anak tidak dapat terfalsilitasi semua.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava media.

Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Metodologi penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi kasus). Jawa barat: CV Jejak, 2017.

Masganti dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Mulyasa. 2016. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2015. Bermain dan Permainan Anak. Banten: Universitas Terbuka.

Nurani,Yuliani dkk. 2020. Memacu Kreativitas melalui Bermain Pembelajaran Anak Usia dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahmawati, Yeni dan Euis kurniawati. 2011. Startegi perkembangan kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Titik lestari, Endang. 2020. Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.38998

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.