Analisis Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembatasan Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia Dini Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Dan Status Ekonomi Orang Tua Di Desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang

Nikmatun Hasanah, Musayyadah Musayyadah

Abstract


Risiko menggunakan gadget pada anak usia dini tergantung pada bagaimana orang tua mengawasi dan dan membatasi, serta mengarahkan mereka. Orang tua memerlukan pola pengasuhan yang baik dalam menemani anak-anak untuk menggunakan Gadget agar sesuai dengan fungsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang di terapkan oleh masing – masing orang tua dalam membatasi penggunaan gadget bagi anak usia dini .Data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam dalam sampel orang tua di Desa taddan yang sudah terpilih. Teknik analisis data dengan cara kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membatasi penggunaan gadget tidak tergantung dari bagaimana tingkat pendidikan dan keadaan status ekomoni orang tua.terdapat beberapa pola asuh yang diterapkan yaitu pola asuh permisif, otoriter dan demokratis. Dalam penelitian ini jenis pola asuh yang banyak di terapkan oleh para orang tua baik dari pendidikan rendah ekonomi rendah, orang tua dengan pendidikan tinggi ekonomi rendah, orang tua dengan ekonomi tinggi pendidikan rendah dan orang tua dengan ekonomi tinggi pendidikan tinggi. Yakni pola asuh yang Permisif


Full Text:

PDF

References


Ajeng Rahayu dkk. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini.Jurnal Golden Age. Universitas Hamzanwadi. V 04. No 1.

Ali Nugraha, & Rachmawati Yeni.(2014). Metode Pengembangan Sosial Emosional.Universitas Terbuka. Tanggerang Selatan.

Anggito Albi & Setiawan Johan. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bojong Genteng Suka Bumi Jawa Barat.

Anggraeni, Yuni. (2019). “Pengawasan Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak di RA Yapsi Sumberjaya Lampung Barat.” UIN Raden Intan Lampung Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Elis Suryani. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia Dini. Di Desa Dataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Jabung Barat. Skripsi. Fakultas Tarbiyah & Keguruan. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Fitriahadi Enny,& Menik Sri Daryanti. (2021). Monografi Penggunaan Gadget Sebagai Dampak Gangguan Pemuatan Perhatian.Yogyakarta.

Heleni Filtri. (2017). Perkembang Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. V 1. No 1.

Indiana Sunita, & Mayasari Eva. (2017). Yes Or Not Gadget Buat Si Buah Hati.Yogyakarta.

Mukti Amini. (2012). Perkembangan Dan Konsep Dasar pengembangan Anak Usia Dini .Universitas Terbuka. Tanggerang Selatan.

Mulianah Khaironi. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamsanwadi University. V 3

Najwa.(2021). “Pola Asuh Orangtua Dalam Mengantisipasi Dampak Penggunaan Gadget Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam Vol. 5, no. 1 Nurhasanah, dkk. (2021). Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. V 04. No 02

Nurmalitasari Femmi.(2015). Perkembangan sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah.Buletin Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Gajah mada.V 23. No 2.Desember 2015:103-111.

Nur Fauziyah, Hayyin. (2022). “Dampak Pola Asuh Orang Tua Dan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Dukuh Gelang Sukosari Babadan Ponorogo)“. IAIN Ponorogo Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Puspita Sylvie. (2020). Monografi Fenomena Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini. Surabaya

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Suhardi Tri, & Utami Esti.(2019). Ayah & Bunda Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Peran Orang Tua Dan Cara Mendidik Anak Di Era Digital.Semarang.

Sunuyeko Nurcholis. (2003). Perkembangan Peserta Didik. Tkip Budi Utomo Malang.

Susanto Ahmad.(2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Jakarta 13220.

Susianty Selaras Ndari, Dkk.(2018). Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia. Dini.Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Jawa Barat.

Titik Mukarromah. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. Skripsi. Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Wirartha Made. (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi.Yogyakarta.

Yudrik Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana Jakarta 13220




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.39045

Article Metrics

Abstract view : 371 times
PDF - 448 times

Refbacks



 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.