Pengembangan Keterampilan Berbahasa Melalui Pendekatan Active Learning Anak Kelompok A TK Bina Kalam Desa Klompang Barat

Authors

  • Felia Putri Anggraeni feliaputrianggraeni PG PAUD Universitas islam madura

DOI:

https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.39339

Abstract

ABSTRAK: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang dituju bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut pada umumnya. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pengembangan keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning anak 2) Untuk mengetahui pengembangan Keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning anak 3) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangna keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Metode penelitian menggunakan Metode Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Guru di TK Bina Kalam. Data yang diperoleh yaitu dengan cara metode Observasi (Pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi. subjek dalam penelitian ini adalah Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini yaitu dengan cara guru memberikan Stimulus terlebih dahulu pada anak, guru memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan berbahasa anak yaitu mendidik anak, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan bahkan sambil memotivasi anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak.Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa; Pendekatan Active Learning

Author Biography

Felia Putri Anggraeni, feliaputrianggraeni PG PAUD Universitas islam madura

felia putri anggraeni

References

Asmah dan Yulianti, Ayu. œPengaruh Strategi PDR Terhadap Active Learning dan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini.Jurnal Pedagogi. Vol.2, No.3. Agustus-2016

Ahmad susanto, œTeori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : encana, 2017.

Tim Fokusmedia, œUndang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional No.20 pada bagian ke 7 pasal 28, 2003.

Moh. Uzer Usman, œMenjadi Guru Profesional Bandung:: Remaja Rosda Karya. 2006.

Hasan Alwi, œTata Bahasa Baku Bahasabindonesia. Jakarta : Perum Balai Pustaka, 2002.

Hizam Zaini, œStrategi Pembelajaran Aktif Di Perguruan. Yogyakarta : CTSD., 2011.

Masitoh, Dkk (2014). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Siregar, œTeori Dan Penerapan. UNISMA, 2010.

Desyan Retno Ari P. (2017). œPeningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode OutBound di TK Kemala Bhayangkari Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Hasanah, Uswatun. œStrategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Din.Insana. Vol.23, No.2. Juli-Desember, 2018.

Helmi Setyawan, Farid. œMeningkatkan Kemamuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adroid. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo.Vol. 3, No.2. Oktober, 2016.

J Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2014.

Khotijah. œStrategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary, Vol. 2. 2 Juli 2016.

Masruroh, Umi. Implementasi Strategi Belajar Aktif (Active Learning) dalam Pembelajaran Tematik di MIN Kauman Utara jombang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Skripsi 05 Januari 2017.

Melfin Silberman, & Melfin. Active Learning 101 Cara Belajar aktif. Bandung : Nusamedia. 2006.

Muhasim, œPengaruh Metode Active Learning Terhadap PeningkatanMotivasi Dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di Era Globalisasi, PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol.7, No.1 (Mei 2009).

Nawawi, Dkk. Keterampilan Berbicara sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa, Jakarta : Uhamka Press.2017.

Putra, Nusa dan Dwilestari,Ninin.Penelitian Kualitatif PAUD, (akarta : PT Grafindo Persada, 2012.

Putri, Runtut. œActive Learning untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Al-Badayah. Vol.1 No. 2. Desember, 2009.

Salma Aulia Khosibah, Dimyati. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun Di Indonesia. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Salma Aulia Khosibah, Dimyati. 2021. œBahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 2

Sidiq, Umar dan Choiri,Miftachul Metode Penelitian di Bidang Pendidikan, (Ponorogo : CV. Nata Karya, 2019).

Sunarsih, Sri. œPembelajaran keterampilan Berbicara Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan dan Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Introver dan Ekstrofer di SMP, Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,(1) .2012.

Suwartini, Iis, Penerapan Active Learning sebagai Upaya Meminimalisir Kesulitan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Genre), Universitas Ahmad Dahlan.Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Renika Cipto. 2005.

Ainani, Kepala Sekolah TK Bina Kalam, Wawancara Langsung, Kamis 10 Maret 2022.

Maizah, Wali Kelas TK Bina Kalam, Wawancara Langsung, 10 Maret 2022.

Tri Muti™ah, Guru TK Bina Kalam, Wawancara Langsung, 12 Maret 2022.

Zubaidah, Enny,™Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, (Universitas Negeri Yogyakarta),86.

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Articles