Implementasi Media Rubar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Bina Kalam

Linda Wati Taufiq

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan anak yang di selenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar yang dapat di selenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal maupun informal. Dimana anak pendidikan usia dini yang di mulai dari usia 0-6 tahun yang dilakukan dengan pemberian stimulus atau rangsaangan pendidikan agar membantu pertunbuhan dan perkembangannya bagaimanakan dampak  implementasi media rubar untuk meningkatkan kemampuan  kognitif pada anak kelompok B di TK Bina Kalam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelompok B di TK Bina Kalam sebanyak 12 siswa adapun tujuan penetilian ini adalah untuk membantu daya imajinasi dan pengetahuan di TK Bina Kalam. Implementasi media rubar melalui kegiatan menjari jejak, mengelompokkan dan berhitung menggunakn simbol. Adapun dampak dari media rubar dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.Serta dapat merangsang dan menstimulus terhadap kemampuan kognitif anak.

 

 


Full Text:

PDF

References


Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputan Pers.

Patmonodewo, Soemiarti, 2003, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2015. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyeh.

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada, Media Group, 2011).

Permendikbud 2014, Setandar Isi Terntang TingkatPencapaian Perkembangan Anak. No137.

Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Kencana,2011).

Rita Kurnia, Media Pembelajaran Anak Usia Dini. (Pekanbaru: Bahan Ajar PAUD FKIP UR, 2014).

Azar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT.Raja Brafindo persada,2003).

Sidiq, Umar dan Choiri, Miftachul.Metode Penelitian Di Bidang Pendidikan,(ponorogo : CV Nata Karya, 2019 ).

Yamin, Martinis, dan Jamilah Sanan Sabri. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputan: Gaung Persada Press Group.

Rohani Ahmad, 1997. Media Instruksional Edukatif.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Matt Jarvis, Teori-Teori Psikologi, Cet. X, Bandung: Nusa Media, 2011.

Mohd. Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pembelajaran, Cet. II, Bandung: Yayasan Bhakti Winaya, 2003.

Ratna Wilis Dahar, Theories Belajar dan Pembelajaran, Cet. V, Jakarta: Erlangga, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.39632

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.