Implementasi Media Loose Part untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Azhar Kowel

Uswatun Hasanah, Musayyadah Musayyadah, Dewi Pusparini

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Azhar Kecamatan Kowel Kabupaten Pamekasan kelompk B1 jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi media loose part untuk perkembangan anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar mampu meningkatkan perkembangan kogitifnya. Hal ini dapat di lihat dari anak-anak mampu menyebutkan angka menggunakan lambang lambang, sinergi angka dan mampu menunjukkan benda dalam bentuk gambar maupun tulisan.

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar 2006, Media Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar S Bachri 2010, “Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif,” jurnal Teknologi Pendidikan Volume 10 Nomor 1 April.

Daryanto 2012, Media Pembelajaran Jakarta: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Desmita, 2015. Psikologi Perkembangan, Bandung:PT Rosda karya.

Fadlillah, 2017. Buku Ajar Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Guslinda dan Rita Kurnia, 2018 Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya: Jakad Publishing.

Jamaris (2006) Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Grasindo.

Kountur Ronny,2004. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis Jakarta: PPM.

Khadijah, 2016 Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Medan:Perdana publishing.

Kilburn, Verna, and Kären Mills. 2014. “Play for Children with Special Educational”Sujiono.

Latif Mukhtar,2013 dkk, Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: Kencana.

Mudhlofir Ali, 2016 Desain Pembelajaran inovatif (Dari Teori ke Praktik) Jakarta:Rajawali Pers.

Mulyasa 2012:43 Penerapan Pembelajaran PAUD.Jakarta: Sinar Tras.

Nurani. Y.2014. Metode pengembangan kognitif.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nurjanah,N.E. 2020. Pembelajaran STEAM Berbasis loose parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD. Universitas Sebelas Maret. Vol (1).

Puspita, W.A, 2019. Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Dengan Muatan STEAM. Jurnal Pendidikan Non Formal. Vol 2(2).

Rasyid Harun. 2020 Pendidikan Anak Usia Dini.Sleman: Yogyakarta.

Susanto Ahmad, 2012 Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Permana Media Group.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif: untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif,Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif.

Setyo wahyudi Rendy. 2020 Jurnal Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Maria Motessori Tentang Pendidikan Anak Usia Dini.Universitas Muhammadiyah.Ponorogo.

Siantajani, Y.2020. Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD.Semarang: PT Sarang Seratus Aksara.

Virgiana Angga 2013,“Strategi Pengembangan Kompetensi Widyaiswara dalam PengelolaanPembelajaran di Lembaga Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam,” Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Yuliani Nurani dan Sujiono,2009 Dkk, Metode Pengembangan Kognitif Jakarta:Universitasterbuka.

Yusuf Syamsu L. N, 2011 Perkembangan Peserta Didik , Jakarta: Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i3.45718

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.