Implementasi Pembelajaran Bermuatan STEAM dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Manarul Huda Pasean

Mai Saroh, Musayyadah Musayyadah, Norma Gupita

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran bermuatan STEAM di RA. Manarul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitan ini ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bermuatan STEAM yang dilakukan di RA. Manarul Huda bisa membantu mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun terutama dalam membantu anak dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, pembelajaran bermuatan STEAM dapat menambah minat belajar anak, yang mana awalnya anak hanya lebih di fokuskan pada kegiatan calistung, sekarang sudah bisa belajar menggunakan hal baru dan menuangkan ide-ide yang luar biasa.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai Pustaka

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brewer, J. (2007). Introduction to early childhood education preschool primary grades sixth edition. New York: Pearson.

E Berk,Laura 2005. Child Development. United States of America: Pearson Education Inc.

F.J. Monks, A.M.P Knoers, Siti Rahayu Haditono. 2006. Psikologi

Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Fadhilah, R. R. (2020). Implementasi Metose STEAM berbasis media film dalam meningkatkan aspek kognitif pada anak usia dini. Jurnal Ceria Vol 3 No 3, 267

Farhati, Inti. 2020. Ide Perencanan Pembelajaran berbasis STEAM. Jakarta: Bastari.

Hadimiarso, Yusuf, 2005, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta:Pustekom Diknas.

Zarkasyi, Hamid Fahmy. 2018.Kausalitas: Hukum Alam Atau Tuhan Membaca Pemikiran Relogio-Saintifik Al-Ghazali. Ponorogo: UNIDA Gontor Press, h. 91-92.

Hamzah, Nina Lamatenggo.2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Farhati, Inti. 2020. Ide Perencanan Pembelajaran berbasis STEAM. Jakarta: Bastari.

Khadijah. 2016.Pengembangan Kongnitif Anak Usia Dini. Medan. Perdana Publishing.

Pratiwi, L. 2021.Penerapan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology,Engineering, Art, Mathematics) Pada AnakUsia 3-4 Tahun Di Kb Al-Amar Ngoro Jombang Dalam Masa Pandemi Covid-19, Bengkulu Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) 1–112

Munawwaroh, Muniroh. 2019.IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY: JURNAL CERIA. Vol: 2, No: 5,.hal. 282.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengembangan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursakdiah, Hayati, F., & Marlini, C. 2021. Meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui pembelajaran steam denganmenggunakan bahan loose part pada anak usia 5-6 tahun di tkit syeikh abdurrauf: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan.

Pattiliam, Hamid. 2005. Metode Pengembangan Kualitatif. Jakarta: Alpabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi DEPDIKNAS

Santoso. 2008. Dasar- Dasar Pendidikan TK.Universitas Terbuka: Jakarta.

Saputri, Amelia Yuni. 2020. Implementasi Pendekatan Stem Berbasis Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Cognitive Anxiety Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Universitas Lampung: Skripsi.

Siantajani,Yulianti. 2020. Konsep dan Praktek STEAM di PAUD. Sematang: PT Sarang Seratus Aksara.

Surna, I N. 2014. Psikologi Pendidikan I.Jakarta. Erlangga.

Trawick,Jeffrey. 2003. Early Childhood Development, A Multicultural Perspective. New Jersey: Merill Prentice Hall. h. 50.37

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional

Wahyuningsi, Siti. 2020. Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini: Jurnal Obsesi. Vol 4, Nomor 1,.hal. 13

Warista, Bambang. 2008.Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Winarni, Jurniaty. 2016. STEM: apa,mengapa, dan bagaimana: Jurnal ISBN, Vol 1, hal. 14.

Zamista, Adelia Alfama. 2018. Increasing Persistence of Collage Students in Science Technology Engineering and Mathematic (STEM): CURRICULA, Vol 3, No 1,.hal. 26




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i3.45903

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot