Deteksi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan DDST Pada Anak Usia 9 Bulan

Dyah Nur Azizah Rois, Masyunita Siregar, Indryani Indryani, Anniska Nuria, Ofrima Eka Saputri

Abstract


Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk melihat tumbuh kembang aspek motorik halus salah satu anak yang berusia 9 bulan dengan DDST (Denver Development Screening Test). Manfaat penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada orang tua mengenai tumbuh kembang anak apakah perkembangan anak mengalami gangguan atau berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada satu anak yang berusia 9 bulan. Berdasarkan hasil DDST yang dilakukan pada anak MGA dapat dsimpulkan bahwa hasil DDST pada sektor motorik halus anak mampu melakukan kegiatan yang diberikan pemeriksa pada saat melakukan tes.  Tetapi terdapat juga satu  kegiatan yang masih belum anak bisa lakukan pada saat melakukan tes. Dengan demikian bisa dikatakan anak masih normal dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

 


Full Text:

PDF

References


Aguss, R. M., Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46-56.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43. ISO 690.

Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2018). Deteksi Dini Perkembangan Balita Dengan Metode DDST II Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Endurance, 3(2), 367-374.

Azwaldi, A. P. P., Damanik, H. D., & Erman, I. (2021). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Model Denver Developmental Screening Test (DDST) II. Lembaga Chakra Brahmana Lentera.

Badi’ah, A., & Kp, S. (2022). Denver Developmental Screening Test II (DENVER II). Keperawatan Anak, 369.

Claudia, A., Almeida, D., Mendes, C., Rocha, I., Matos, V., Virginia, M., & Peixoto, M. (2016). Use of a monitoring tool for growth and development in Brazilian children systematic review. Revista Paulista De Pediatria, 34(1), 122–131. https://doi.org/10.1016/j.rppede.2015.12.002

Destiyani, J., & DH, D. P. (2019). Analisis Perkembangan Motorik Anak Pada Usia 3-4 Tahun. Seminar Nasional PAUD 2019, 48–53.

Khadijah, K., Mardiana, S., Syahputri, N., & Anita, N. (2022). Analisa deteksi dini dan stimulasi perkembangan anak usia prasekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 139-146.

Kusbiantoro, D. (2015). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di TK ABA 1 Lamongan. Jurnal Surya, 7(01) 1-8.

MaghfirohS, & SuryanaD. (2021)Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia DiniJurnal Pendidikan Tambusai5(1), 1560-1566.

Mohajan, H.(2018): Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Published in: Journal of Economic Development, Environment and People. Vol. 7 No. 1 (31 March 2018): pp. 23-48.

Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In Jakarta Barat:Cv. Campustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(2), 242-249.

Punjastuti, B. (2019). Pemantauan Perkembangan Anak Dengan Ddst. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 1(1), 23-28.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140.

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Soetjiningsih, R. (2012). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). Jakarta: EGC

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. UPI Sumedang Press.

Suryana D (2014) Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak.

Suryana, Dadan; Rizka, Nelti. 2019. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Akreditasi Lembaga. Jakarta:Prenadamedia Group

Suryana D(2021)Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta:Kencana

Suryanto, S., Purwandari, H., & Mulyono, W. A. 2014. Dukungan keluarga Dan Sosial Dalam Pertumbuhan Personal Sosial, Bahasa Dan Motorik Pada Balit Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1: 103-109.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28.

UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Visimedia




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i3.47045

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.