Dampak Kegiatan Upacara Bendera untuk Mewujudkan Karakter Profil Pancasila Dimensi Mandiri pada Siswa di TK Dharma Wanita Mendalo Darat

Silvina Silvina, Maryono Maryono, Sri Indriani Harianja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter profil pelajar pancasila dimensi mandiri melalui upacara bendera pada anak kelompok B-1 di TK Dharma Wanita Mendalo Darat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana dampak kegiatan upacara bendera untuk mewujudkan karakter mandiri anak kelompok B-1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dari wawancara dan data sekunder dari lokasi penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi data. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif menurut Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan upacara bendera untuk mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila dimensi mandiri pada siswa di TK Dharma Wanita Mendalo Darat memiliki dampak terhadap kemandirian anak, tetapi kurang signifikan, masih ada faktor-faktor yang lebih berpengaruh untuk mengembangkan kemandirian anak, salah satunya yaitu faktor lingkungan keluarga. Dalam proses pembentukan karakter kemandirian melalui upacara bendera berjalan dengan baik. Akan tetapi ada kendala dalam pelaksanaanya yaitu dari peserta didik, cuaca, maupun keadaan.

Kata Kunci: kegiatan upacara bendera, kemandirian anak, anak usia dini

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i3.47868

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.