Permainan Pola Ritme Musik Berbasis Budaya Sebagai Upaya Stimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Pembelajaran bagi anak usia dini membutuhkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan anak. Tujuan penelitian secara umum adalah menghasilkan Metode Pembelajaran Musik Berbasis Budaya dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Metode pembelajaran musik diuji oleh ahli untuk menilai panduan berdasarkan instrumen tes ahli juga. Hasil penelitian ini adalah pedoman metode pembelajaran musik dapat dipahami secara jelas oleh guru dan anak menunjukkan peningkatan yang baik dalam stimulasi kecerdasan musikal dengan menggunakan model pembelajaran yang telah dikembangkan. Kebaruan dari penelitian ini adalah memproduksi dan menggunakan metode pembelajaran musik berbasis budaya lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Musik berbasis Budaya dalam menstimulasi kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun cocok digunakan. Saran penelitian berharap metode pembelajaran musik ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk menstimulasi kecerdasan musikal anak usia dini.
Full Text:
PDFReferences
Al–Anani, H. A. H., & Al Masri, A. A. (2020). The Effectiveness of a Training Program in Developing the Linguistic and Intelligence among University Students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, (12).
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RAD. Bandung. Alfabeta.
Swaminathan, S., Schellenberg, E. G., & Khalil, S. (2017). Revisiting the association between music lessons and intelligence: Training effects or music aptitude?. Intelligence, 62
DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47898
Article Metrics
Abstract view : 179 timesPDF - 245 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.