Implementasi Metode Karya Wisata Dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun

Ach Suryansyah Maulana Soleh, Musayyadah Musayyadah, Siti Farida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan metode karya wisat dalam mengembangkan aspek kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Ra Asy-Syuhada’ Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelompok A1 Ra Asy-Syuhada’ Pamekasan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di Ra Asy-Syuhada’ Pamekasan mampu meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap pada anak yaitu anak lebih percaya diri, berani mengemukakan pendapatnya, menghargai orang lain, menjaga diri sendiri serta mampu bermain dengan teman sebaya. Adapun Faktor pendukung dalam kegiatan ini yaitu guru sebagai fasilitator, biaya karya wisata, kondisi peserta didik, media pembelajaran, dan lingkungan karya wisata. Serta penghambatnya yaitu waktu yang terbatas, tingkah laku anak yang berbedabeda sehingga terkadang peserta didik tidak dapat terfalsilitasi semua

Full Text:

PDF

References


Agusniatih, Andi. 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini ( Teori dan Metode Pengembangan). Edu Publisher Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Jawabarat.

Adi Walujo, Djoko. 2017. Kompendium PAUD. Prenadamedia Group. Kebayunan.

Afandi, model dan metode pembelajaran d sekolah, hlm.87.

Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), hal. 169-171.

Barnawi, format PAUD, hlm. 138.

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak . hlm. 250

Hurlock, E.B.Child Development 6th: Ed tokyo: Mcgraw Hill Inc, International Student E,d hlm.50

Ilmiyati, Ilmu Pendidikan Anak, Pekanbaru: Adefa Grafika 2015. hal 9

Khorida, pendidkan karakter anak usia dini, hlm.185-186.

Lexi J. Meleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,

Muhammad fadlillah dan lilif muallifa khorida , pendidikan karakter anak usia dini, (Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2013), hlm. 183

Mursid, belajar dan pembelajaran PAUD, Hlm. 39

Muhammad afandi dkk, model dan metode pembelajaran di sekolah ( semarang: UNISSULA PRESS, 2013), hlm. 86

Risky Ananda, Fadhilaturrahmi. 2018. Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Jurnal Bangkinang. Vol 2.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47899

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.