Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Permainan Bisik Berantai Di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa

Melisa Tarigan, Aminda Tri Handayani

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan awal dalam pembentukan karakter dan sikap seorang anak, dibutuhkan pengetahuan dan strategi pembelajaran untuk menggali minat belajar pada anak. Salah satunya menggunakan metode permainan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode permainan bisik berantai untuk meningkatkan minat belajar pada anak usia dini. Minat belajar anak dilihat dari perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode permainan bisik berantai dapat meningkatkan minat belajar anak usia dini di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II pada setiap pertemuan peneliti melakukan tes hasil belajar terhadap anak untuk mengetahui peningkatan anak. Pada prasiklus nilai rata-rata anak adalah 37,81%, pada siklus I nilai rata-rata 63,75%. pada siklus II rata-rata 87,18% begitu juga persentase anak yang dikategorikan berkembang sangat baik dalam pembelajaran tiap siklusnya juga meningkat.


Full Text:

PDF

References


Agustian, R. (2018). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Minat Belajar. Pendidikan Guru Dasar, 41,1-7

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta karya

Alfauzan, F. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Impor Di Pasar Johar Kota Semarang. Journal of Agribisnis.

A..M, Sardiman. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Barus, M. S. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Buku Gambar. Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara: Medan

B. Hurlock, Elizabeth. 1990. Psikologi Perkembangan : Suatu pendekatan dalam Suatu Rentang Kehidupan.Jakarta : Erlangga.

Djalli, 2013. Psikilogi Pendidikan. Jakarta : Erlangga

Ekarini, D., Kurniawati, A. B., & Oktaria, R. (2023). Efektifitas Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Anak, 9(1), 113-121

Eko Budiyanto, 2016, Sistem Informasi Geografis Dengan Quantum Gis. Yogyakarta: CV.ANDI OFFSETOFFSET

Gie,The Liang .1998. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Handayani, A. T., Sirait, D., & Harahap, Y. S. (2022). Friksi Minat Belajar Mahasiswa PG-PAUD Sebagai Akibat Dari Perkuliahan Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Era Revolusi Industri 4.0. 5(1), Prosidang Seminar Hasil Penelitian.

Hardianti, T., (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Dalam Mengambar Menggunakan Pensil Warna. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: Medan.

Hardjana, M.A.1994. Konflik dalam Organisasi. Salatiga : Satya Wacana.

Hurlock, E. (2013). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Insan MadaniMadani

Ibrani, F. Y., (2012). Upaya Meningkatkan Minat Siswa Melalui Permainan Trading Card Game Mathematicards. FKIP. Universitas Muhammadiyah sukarta

Khairani, H.M., (2017). Psikologi Belajar. Jl. Ploso Kuning 5 No. 73 Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Likarde, O., (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Bisik Berantai. (Skipsi): Institut Agama Islam Negeri (IAIN): Bengkulu

Mahardika, B., (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Dengan Metode Active Realning. IJIGAED 1(1), 55-64

Mowen / Hansen. 2013. Akuntansi Manajerial. · Mowen dan Hansen. 2005. · Priyatin Endang.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressibdo.

Priyaningsih, S., & Suyono (2020). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar. Prisma Universitas Surya kancana, 9(2), 146-153

Purba, A., (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Lingkungan. FKIP. Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah Medan

Sari, D.K., (2017). Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Minat Belajar. Childhood Education.59-71

Sanjaya.(2007). Metode pelajaran, Jakarta : Kencana.

Sembiring, H. A., & Ridwan, M. (2015) Ensiklopedi Pendidikan. Jl. Prof ,H.M. Yamin, SH, SH NO. 452 Medan 20233: Media Persada

Sutikno, S. M. (2014). Pemimpin Dan Gaya Kepemimpinan. Lombok: Holistica.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Sutjipto. 2001. “Apakah Anda Mengalami Burnout”. Jakarta: Depdiknas. Sutoyo, Anwar 2013

Utami, W. Y., (2013). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Teka-Teki, Ilmiah Visi P2TK Paud NI, 8(1)1-9




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i3.48510

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.