Pelaksanaan PAUD Holistik Integratif Di TK Negeri Pembina 1 Medan

Febri Yanti Purba, Peny Husna Handayani

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah 1)Mendeskripsikan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif  layanan pendidikan,  2)Mendeskripsikan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif  layanan kesehatan dan gizi, 3)Mendeskripsikan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif  layanan pengasuhan, 4)Mendeskripsikan  pelaksanaan  PAUD Holistik Integratif  layanan perlindungan, serta 5)Mendeskripsikan  pelaksanaan  PAUD Holistik Integratif  layanan kesejahteraan pada TK Negeri Pembina 1 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan pendidikan berdasarkan hasil persentase sebesar 100% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan kesehatan dan gizi berdasarkan hasil persentase sebesar 92% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan pengasuhan berdasarkan hasil persentase sebesar 92% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan perlindungan berdasarkan hasil persentase sebesar 99% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik.  Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan kesejahteraan berdasarkan hasil persentase sebesar 100% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Dari pelaksanaan kelima bagian layanan pada PAUD Holistik Integratif di TK Negeri Pembina 1 Medan berdasarkan rata-rata persentase sebesar  98% dapat di kategorikan terlaksana dengan sangat baik.

 


Full Text:

PDF

References


Amalia, R., & Simatupang, N. D. (2022). Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 Di Tk Insan Cendekia. Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 19–26.

Ambariani, A., & Suryana, D. (2022). Hambatan Implementasi PAUD Berbasis Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5200–5208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599

Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (cetakan 14). PT. RINEKA CIPTA.

Fitriyah, F., Formen, A., & Suminar, T. (2013). Implementasi PAUD Holistik Integratif dalam Upaya Penguatan Sumber Daya Manusia Unggul. 60, 418–422.

Isti Fardila Aeni, dkk. (2022). Implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research …, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2298

Kemendikbud. (2015). PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI SATUAN PAUD. DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

Nia Nurhasanah. (2022). Seri 6 - Lingkungan Belajar Aman i.

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

PERATURAN PRESIDEN NOMOR 60 TAHUN 2013. (n.d.).

Rini Aulia, yaswinda, M. A. M. (2022). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD tentang Pendidikan Holistik Integratif di Nagari Taram. Jurnal Inovasi Penelitianitian, 2(8), 2363–2372.

RETNO MARDHIATI. (2019). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Anak Usia Dini Retno Mardhiati. 2(3). https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/603

Sayer, I. M., Kristiawan, M., & Agustina, M. (2018). Fairy Tale as a Medium for Children’s Character Cooperation Building. Al-Ta Lim Journal, 25(2), 108–116. https://doi.org/10.15548/jt.v25i2.458

Sugiyono. (2018). metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT.Bumi Aksara.

Sukmadinata. (2014). metodelogi penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Suryana. (2014). Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, Dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. PT.Bumi Aksara.

Suyadi dan ulfah, M. (2014). Konsep Dasar Paud. PT Remaja Rosdakarya.

Widayati, T. (2018). Pendidikan Keselamatan diri Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain (KB) Gaharu Plus Kutai Kartanegara). Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 13(2), 113–122.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/8955

Yeni Lestari, N. G. A. M. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i1.48996

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot