Sensory Board Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Disabilitas Tunanetra

Mamlu'atul Eka Maulida Amaliyah, Mukhoiyaroh Mukhoiyaroh, Heni Aprilya Putri, Fanniyatul Azka, Vivian Liftianah, Kharisma Kanjeng Ariyono, Ni'matul Islamiyah, Rismalia Olga Safitri Ziadatul Choir

Abstract


Tujuan artikel ini adalah menunjukan hasil analisis dari hasil pembuatan media pembelajaran Sensory Board di SLB Dewi Sartika Sidoarjo. Dengan hasil media Sensory Board diharapkan kita bisa melihat cara pembuatan media, reaksi anak, hasil kemajuan yang didapatkan anak ketika belajar, dan upaya yang dilakukan guru serta orang tua untuk menunjang segala bentuk belajar anak berkebutuhan khusus dengan melibatkan pengembangan keterampilan dan perkembangan kognitif. Jika sudah menemukan hasil belajar yang dilakukan anak, maka guru bisa melaporkan hasil kemajuan anak kepada orang tua begitupun sebaliknya jika ada gangguan ketika anak diberikan stimulus maka itu juga bisa di koordinasikan oleh orang tua agar orang tua bisa mengetahui perkembangan yang harus di berikan stimulus. Karena sesungguhnya tidak ada perbedaan antara anak berkebutuhan khusus dengan anak normal ketika di masukan ke lembaga sekolah, mereka harus tetap bisa belajar dengan optimal dan guru juga harus mengupayakan untuk bisa mencerdaskan anak dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak meskipun anak tersebut masih memerlukan perhatian yang khusus.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini,(Jakarta: Universitas Terbuka, 2014

Ardhi Wijaya, Seluk-Beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajarannya (Jogjakarta: Javalitera, 2012).Cahya, Laili S. Buku Anak untuk ABK. Yogyakarta: Familia, 2013.

Bahri,Samsul.(2022).UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI SLB NEGERI 2 LOMBOK TENGAH. jurnal pgmi, 14(2), 136-147

Bunga Shashilya Tanjung, Mega Iswari. “Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Anak Tunanetra DiSekolah Inklusi.” Jurnal Pendidikan Inklusi, 2019, 40–47.

Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Anak Tunanetra Di Sekolah InklusiBunga Shashilya Tanjung, Mega IswariJurnalPendidikanInklusiVolume 3 Nomor 1 Tahun 2019Halaman: 040-047e-ISSN: 2580-9806

Eko Firman Kurniawan, Dewi Komalasari, Pengaruh Media Busy Board Terhadap Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun, Jurnal PG PAUD (PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Tahun 2019).

Iwan Kurniawan(2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH DASAR INKLUSI, Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam,Vol. 04,1044-1060

KHOLIDAH, FAJARUL (2017) Upaya Pengembangan Kemandirian dalam Ibadah melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunanetra (Studi Kasus di Kelas V SLB 'Aisyiyah Ponorogo).iain kediri

Munif, Azhari, Hadi Susanto, and Susilo Susilo. "Pengembangan Bahan Ajar Audio Berbasis Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Gerak Untuk Anak Tunanetra Kelas Vii Smp/Mts Lb." UPEJ Unnes Physics Education Journal 5.3 (2016): 1-11.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.58376

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot