Pelatihan Penerapan Pembelajaran STEAM Dengan Loose Part Pada Anak Usia Dini di TK Pembina Bacan, Halmahera Selatan

Puji Dwi Rahayu, Nurfitri Sahidun, Haryati Haryati, Irma Dewi Sartika

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dengan kegiatan pembelajaran pada anak usia dini di TK Pembina Bacan kurang memanfaatkan media loose part untuk mensyimulasi perkembangan anak usia dini. Selain itu kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran STEAM. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk melatih guru untuk memiliki pemahaman terhadap penerapan pembelajaran STEAM untuk anak usia dini dan melatih guru untuk memiliki pemahaman terhadap kebutuhan anak akan berbagai macam permainan edukatif dengan media loose part. Pengabdian ini dilakukan dua hari yaitu 27 Juni dan 28 Juni 2024. Metode yang digunakan pada pelatihan ini ialah FGD (Focus Group Discucion) setelah itu dilanjutkan pelatihan penerapan pembelajaran STEAM dengan media loose part. Hasil yang diperoleh setelah pengabdian ini ialah meningkatnya pemahaman guru terhadap pembelajaran STEAM untuk anak usia dini dan meningkatnya pemahaman guru terhadap kebutuhan anak akan permainan dengan media loose part untuk menstimulasi  berbagai aspek perkembangan anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Beloglovsky, L. D. and M. (2015). Loose parts : inspiring play in young children. In Redleaf Press (Vol. 4, Issue 1).

Hasbi, D. M. (2021). Membangun Dasar STEAM Melalui Kegiatan Main. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 41.

Kemdikbud. (2018). Bermain Bersama Anak. Kemdikbud, 3(3). https://doi.org/10.31292/jta.v3i3.129

Kemdikbud. (2020). Panduan Pengelolaan Looseparts. 1–21.

Lestari, M. O., & Halim, A. K. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Lmiah PLS, FKIP UNSIL, 7(2), 145–153. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/5352

Novitasari, N. (2022). abad ke 21 . Keterampilan disiplin ilmu STEAM yang dikenal dengan bagaimana penyesuaian. 6(1), 69–82.

Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434

Sriwahyuni, E., Asvio, N., & Nofialdi, N. (2017). Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 44. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.62543

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot