MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B PAUD LESTARI PEKAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2012-2013
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui metode cerita dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di PAUD Lestari Pekan Labuhan Tahun Ajaran 2012-2013.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi. Hasil analisis siklus I diperoleh bahwa tindakan yang dilakukan peneliti belum optimal, hal ini diketahui dari jumlah anak yang mengalami perkembangan bahasa dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 pada siklus I adalah 1 anak atau sebesar 5% dan sisanya 19 anak atau sebesar 90%. Siklus II diperoleh bahwa tindakan yang dilakukan peneliti sudah optimal, hal ini diketahui dari jumlah anak yang mengalami perkembangan bahasa lebih baik dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 pada siklus II adalah 15 anak atau sebesar 75% dan sisanya 5 anak atau sebesar 25%.Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini terlihat dari rata-rata peningkatan pencapaian perkembangan bahasa atau dengan penerapan metode cerita bergambar untuk meningkatkan perkembangan kemampuan bahasa pada Anak Usia Dini Kelompok B PAUD Lestari Pekan Labuhan dapat dikatakan berhasil.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v1i1.9284
Article Metrics
Abstract view : 64 timesPDF - 93 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.