PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI KOTA SIDIKALANG T.A 2012/2013

Elisabet Christina Samosir

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Permainan puzzle Terhadap Kemampuan kognitif anak. .Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-posttes control grup design. Dimana dalam menenetukan sampel penelitian ini penulis menggunakan probability sampling.  Jumlah sampel  penelitian adalah sebanyak 34 anak yang terbagi atas 17 anak kelas kontrol dan 17 anak kelas eksperiman. Hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung = 9,978 ; nilai ini dibandingkan dengan nilai t-tabel (dk=(n1+n2)-2=32; =0,05). Harga ttabel dengan nilai N = 32 diperoleh 2,120. Sehingga diperoleh t-hitung > t-tabel (9,978>2,120), dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran dengan penerapan permainan edukasi puzzle  mampu memberikan peningkatan kemampuan kognitif anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v1i2.9288

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.