Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi T.A 2014/2015

Imelda Ompusunggu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan dalam pembelajaran terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Sidikalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah pemberian penguatan dalam pembelajaran sedangkan variabel terikat adalah kepercayaan diri. Sampel penelitian berjumlah 76 anak yang diambil dengan cara Probability Sampling, dan dianalisis menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05. Pada kelas eksperimen, pembelajaran diberikan dengan menggunakan penguatan dan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan penguatan.

                Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar 10,7 dengan nilai tertinggi 12 dan terendah 9. Data ini lebih tinggi dari rata-rata ideal.  Dengan demikian disimpulkan kepercayaan diri anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 8,8 dengan nilai tertinggi 11 dan nilai terendah 8. Dapat disimpulkan kepercayaan diri anak pada kelas kontrol tergolong dalam kategori cukup. Hipotesis menyatakan bahwa pemberian penguatan dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri anak. Berdasarkan  hasil uji hipotesis, diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,878 > 1,684 pada taraf α = 0.05 terbukti kebenarannya. Dengan  demikian pemberian penguatan dalam pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap keprcayaan diri anak usia 5-6  tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v2i2.9395

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.