Upaya Meningkatkan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Dahlia Indah Laut Dendang T.A 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai moral anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan mendongeng di TK Dahlia Indah Laut Dendang T.A 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Dahlia Indah yang berjumlah 15 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan nilai moral anak di TK Dahlia Indah Laut Dendang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi nilai moral anak dengan indikator yakni: mematuhi perintah Tuhan YME, disiplin, rendah hati, hormat, santun, tolong menolong, dan peduli lingkungan.
Hasil analisis pada siklus I menunjukkan tidak ada seorangpun anak yang tergolong baik sekali, 33,33% tergolong baik, 60% tergolong cukup baik, dan 6,67% tergolong kurang baik. Hasil analisis pada siklus II menunjukkan terdapat 80% tergolong baik sekali, 20% tergolong baik, serta tidak ditemukan seorangpun anak yang tergolong dalam cukup baik dan kurang baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan nilai moral anak. Oleh karena itu, kegiatan mendongeng dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan nilai moral anak di TK Dahlia Indah Laut Dendang. Serta diharapkan para pendidik dapat menerapkan kegiatan mendongeng ini dalam upaya meningkatkan nilai moral anak.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v2i2.9396
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF - 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.