Pendekatan Saintifik Dalam Mata Kuliah Konsep Dasar PAUD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa FIP Unimed T.A 2016/2017

Kamtini Kamtini, Damaiwaty Ray, Jasper Simanjuntak

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di Program Studi PG PAUD pada semester ganjil tahun 2016 dengan focus pada peningkatan motivasi mahasiswa Konsep Dasar PAUD. Hasil belajar pada penugasan materi yang meliputi konsep pembelajaran dan pendekatan, model, strategi, metode dan media serta melakukan pendekatan saintifik dan diujicobakan dilapangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 semester 1 PG PAUD FIP UNIMED yang mengambil mata kuliah Konsep Dasar PAUD berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dengan tahapan 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) monitoring , 4) refleksi. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, analisis dengan teknik analisi deskriptif dan kualitatif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v2i2.9418

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.