Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A 2015/2016

Niken Farida

Abstract


Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap perkembangan sosial anak kelompok usia 5-6 tahun di Tk Salsa Percut Sei Tuan. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 33 orang anak.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikat adalah perkembangan sosial. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05.

Hasil Analisis deskriptif  menunjukkan penggunaan metode proyek di kelas eksperimen lebih baik di bandingkan dari kelas kontrol. Skor tertinggi kelas eksperimen 13,  kelas kontrol 10. Rata-rata kelas eksperimen 11,12, untuk kelas kontrol 7,87. Jumlah  anak  di kelas eksperimen yang mendapat nilai di atas rata-rata lebih banyak ( 39,39 %. ) dibanding di kelas kontrol (30,30 %.). Sebaliknya jumlah anak  di kelas kontrol yang mendapat nilai  di bawah rata-rata (39,39%.) lebih banyak dibanding di kelas eksperimen (30,30%).

Hasil uji hipotesis  diketahui t-hitung = 11,20 lebih besar dari t-tabel = 1,671. Hal ini menunjukkan  ada pengaruh yang signifikan  penggunaan metode proyek  terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Salsa Kec. Percut Sei Tuan  Tahun Ajaran 2015/2016

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v2i2.9420

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 696 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.