Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pengembangan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK/RA Binmudora Tanjung Morawa T.A 2015/2016

Wahyu Pratama, Aman Simaremare

Abstract


Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah kemampuan sikap berempati anak yang belum berkembang dengan baik, empati merupakan sikap kepedulian terhadap orang lain. Sehingga dengan  menggunakan metode bercerita, guru dapat menanamkan sikap-sikap positif dan nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita yang dapat mempengaruhi sikap empati anak. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita taterhadap pengembangan sikap empati anak usia 5-6 tahun di TK/RA Binmudora Tanjung Morawa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 anak. Variabel bebas adalah metode bercerita sedangkan variabel terikat adalah sikap empati. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data mengunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 21,5 dengan nilai tertinggi 24 dan nilai terendah 19, sehingga pengembangan sikap empati anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 16,2 dengan nilai tertinggi 18 dan nilai terendah 13, sehingga pengembangan sikap empati anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode bercerita berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan sikap empati anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung 12>'> ttabel, yaitu 9,63 12>'> 1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian metode bercerita berperngaruh secara signifikan terhadap pengembangan sikap empati anak usia 5-6 tahun di TK/RA Binmudora Tanjung Morawa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v2i2.9424

Article Metrics

Abstract view : 465 times
PDF - 1604 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.