Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Model Cooperativelearning Tipe Make A Match Di TK Swasta Katolik Assisi Medan T.A 2012/2013

Santa Rosa Ginting

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah “Rendahnya perkembangan kognitif anak usia 5-6 Tahun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode Cooperative Learning tipe make a match terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak Taman Kanak-Kanak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelas B4 TK Katolik Assisi Medan yang berjumlah 30 orang anak. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5 sampai 6 tahun melalui pembelajaran kooperatif dengan tipe make a match. Pelaksanaan penelitiaan pada bulan Maret sampai Juni  2013. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi. Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa perkembangan kognitif anak dengan skor rata-rata umum (1,42) berada pada kategori cukup baik. Jumlah persentase 6,7% tergolong sangat baik, 33,3% tergolong baik, 40% tergolong cukup baik dan 40% tergolong kurang. Dari data hasil observasi tersebut perlu adanya pembelajaran yang lebih baik lagi melalui pembelajaran mencari pasangan yang lebih baik pada siklus II. Dari hasil analisis siklus II diperoleh hasil bahwa adanya peningkatan perkembangan kognitif anak dengan skor rata-rata umum 2,57 (sangat baik). Jumlah persentase 73,3% tergolong sangat baik, 6 anak atau 20% tergolong baik, 3,3% tergolong cukup baik dan 3,3% tergolong kurang. Dari hasil temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode Cooperative Learning tipe make a match dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun Di Tk Swasta Katolik Assisi Medan T.A 2012/2013

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v2i1.9548

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.