PENGARUH MODEL QUAMTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KELAS XI DI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN

Selvi Anggriani, Ida Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui adanya pengaruh akibat penggunaan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET  pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester I SMA Swasta Dharmawangsa Medan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 8 dan kelas XI MIA 9, dimana kelas XI MIA 8 diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET dan kelas XI MIA 9 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakanadalah tes hasil belajar berupa tes pilihan bergandadan observasi aktivitas siswa. Data dalam  penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Model Pembelajaran quantum teaching; Media PhET,Hasil Belajar Siswa; Aktivitas Siswa.

Full Text:

PDF

References


Baroroh, H F., Prihandono, T., dan Subiki., (2017), Model pembelajaran Quantum Teaching dengan media Flash dalam pembelajaran fisika di SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6, No.4 hal (371-375)

Deporter, B., (2010), Quantum Teaching, Kaifa, Bandung.

Indrasati, H., Indrawati., dan Supriadi, B., (2016), Pengaruh model Quantum Teaching disertai LKS berbasis jartun fisika terhadap hasil dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika,Vol 5, No.1 hal (30-34)

Mubarok, M.F., Mulyaningsih, S.,(2014), Penerapan Pembelajaran Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Media PhET Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 3, No.1 hal (76-80)

Sanjaya, W.,(2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan, Prenada Media Group, Jakarta

Silalahi,L., (2014) Pengaruh model Quantum Teaching Berbantu Macromedia flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak di Kelas VII SMP N 27 Medan T.P 2013/2014., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Sudjana., (2005), Metode Statistika,Tarsito, Bandung




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12500

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter