PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESHGATION) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II MAN 2 MEDAN T.P.2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI Mengunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35.55dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 35.27. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Letung ~ 0.1398dan L^i = 0.1477. Pada kelas kontrol Lhitung = 0.1078dan L,abei = 0.1477 sehingga diperoleh Lhitung <Ltabei, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,045 dan Ftabei = 1,79 sehingga Fhitung< Ftabci , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe G/adalah 72.50 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 62.63.Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media peta konsep. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI Mengunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I., (2008), Belajar Untuk Mengajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Hamdani, (2011), Strategi Belajar Mengajar, Pustaka setia, Bandung.
Handayani, S., (2009), Fisika 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Kanginan, M.,(2013),Fisika SMA,
Erlangga, Jakarta.
Nilufer OKUR AKCAYl, (2014), Pengaruh Group Investigation dan
Pembelajaran Kooperatif Teknik Diterapkan di Tenaga Pendidikan dan Motion Subyek pada Prestasi Akademik Mahasiswa, Educational Sciences
Research, Jerman.
Simanjuntak, Salomo Leonardus dan Siregar, Nurdin,(2014), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar pada Materi Listrik Dinamis, UNIMED, Medan.
Simanjuntak, Sofia Monika dan Simanjuntak, Mariati Purnama,(2014), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan MediaKomputer terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II Sma Negeri 10 Medan T.A. 2013/2014, UNIMED, Medan.
Sopiah Sangadji, (2016), Implementasi pembelajaran kooperatif dengan model yang investigasi kelompok untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa SMK di Indonesia, JOURNAL LEARNING & DEVELOPMENT, Malang. USAID, (2013), Kilas Balik Dunia Pendidikan di Indonesia, http://www-prestasi- i ief.org/index. php/id/feature/68- kilas-balik-dunia-pendidikan-di- indonesia (diakses 5 Januari 2016
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i4.10877
Article Metrics
Abstract view : 145 timesPDF - 70 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142